5 TIPS CARA MENGATASI BATERAI BOROS PADA ANDROID JELLY BEAN

Saturday, March 22, 2014

5 Tips Cara Mengatasi Baterai Boros Pada Android Jelly Bean

Thursday, September 5th 2013. | Tips Trik | 5,933 views
Hemat Baterai Setelah Update Jelly Bean – review by Riswanda on ★★★★☆ 4.4
Selama beberapa bulan ini banyak ponsel maupun tablet yang mendapatkan update Jelly Bean dan salah satunya adalah Galaxy Chat. Pertama kali membeli ponsel dengan keyboard fisik QWERTY ini sudah mendapat Android ICS 4.0.4 dan karena automatic update tercentang sehingga otomatis akan mendownload update OS terbarunya. Inilah awal permasalahan yang terjadi dimana baterai menjadi sangat boros dan ponsel yang biasanya pagi masih hidup ternyata langsung mati. Ini sebenarnya merupakan bug yang harus diperbaiki oleh vendor Samsung tapi jika belum mendapat update bug fixnya bagaimana mengatasinya?
baterai boros jelly bean

Tips Mengatasi Baterai Boros Android Jelly Bean

  1. Matikan Seluruh Koneksi Wi-fi, Bluetooth dan GPS
    Lebih baik mencoba untuk mematikan seluruh konektivitas wi-fi, bluetooth dan GPS jika memang tidak terpakai. Ada aplikasi seperti Google Now dan Samsung Apps yang sepertinya terlalu menghabiskan tenaga baterai dengan cepat. Jika dimatikan tentunya tidak ada akses untuk aplikasi ini ke internet.
  2. Atur Brightness Layar
    Cek melalui Settings > Display > Brightness dan atur kecerahan layar yang terendah menurut mata anda. Jangan terlalu rendah karena tentunya mata akan bekerja maksimal karena tulisan tidak terlihat jelas, mungkin sekitar 30-40 persen kecerahan layar.
  3. Cek Indikator Baterai
    Bisa dilihat melalui Settings > Battery dan lihat aplikasi apa saja yang terlihat menggunakan baterai terlalu banyak. Ada beberapa aplikasi yang harus diinstal ulang agar lebih kompatibel dengan OS Jelly Bean.
  4. Atur Activity Apps
    Terkadang ketika membuka aplikasi semisal facebook, path ataupun yang lain ternyata android tidak langsung menutupnya. Hal ini juga yang mengakibatkan baterai boros dan membuat ponsel bekerja terus-menerus. Bisa diatur dengan cara melalui Settings > Developer option > Apps > Do not keep activities dicentang. Jadi setiap aplikasi yang sudah tidak digunakan lagi akan langsung ditutup paksa oleh sistem.
  5. Factory Reset
    Cara terakhir jika memang langkah-langkah diatas tidak ada satupun yang membuat anda puas karena baterai masih boros dengan cara factory reset yang bisa diakses melalui Settings > Backup and Reset > Factory Reset. Sebelum melakukan langkah ini lebih baik anda membackup semua file penting yang ada di ponsel ataupun aplikasi berbayar karena dengan melakukan langkah ini otomatis akan mengembalikan kondisi smartphone ke keadaan semula.
Itulah 5 tips agar baterai ponsel anda menjadi lebih hemat ketika sudah mendapatkan update Android Jelly Bean, semoga info ini bermanfaat.


Related Posts by Categories

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2014 Berbagi Pengetahuan | Powered By Blogger